Sunday, December 23, 2007

Teknik Hypnotherapy untuk Orang “Gagap”

Sebagai hypnotherapist, saya selalu tertantang untuk menyembuhkan pasien dengan sebaik-baiknya. Masalah “gagap” berbicara ini banyak ditemui di banyak Negara, termasuk di Negara kita tercinta. Ada 2 macam, yaitu stammering (sulit berbicara) dan stuttering (sulit mengeluarkan kata-kata tertentu). Bagaimana teknik menterapinya? ……

Dari beberapa orang yang saya tangani, ternyata pada semuanya berawal dari ketakutan, trauma masa lalu yang membekas sampai hari ini. Tentu saja intake interview yang dilakukan harus cukup hati-hati dan sangat empati agar tidak menambah stress pasien. Pada tahap yang sederhana, seseorang sebenarnya hanyalah tidak percaya diri dalam berbicara public speaking, dan pada tingkat yang parah sampai stammering atau stuttering.

Orang gagap (juga termasuk trauma public speaking) biasanya sangat menderita, apalagi kalau orang ini bekerja di sebuah kantor, kadang-kadang rapat, mengeluarkan pendapat, menghadap pimpinan dll. Adrenalin selalu terpacu, fight & flight automatic response muncul secara intensif. Dipastikan kariernya sangat sulit berkembang, nasibnya sudah dapat diduga akan payah.

Terapi yang sudah saya buktikan berhasil haruslah cukup holistic, yaitu selain self labeling (belief system) yang diubah, trauma healing, juga diajarkan instant relaxation dimanapun dia berada, disertai dengan anchor positif. Pada stammering dan stuttering yang parah, mutlak harus ditambah dengan facial massage tertentu secara bertahap dan diberi pekerjaan rumah dalam hal “berbicara” sampai level tertentu.

Mengapa dengan facial massage?
Ini karena secara “hardware”, syaraf-syaraf di wajah yang menjalankan fungsi berbicara, biasanya sangat kaku, sehingga “perintah” bicara dari otaknya tidak dapat dengan sempurna dilaksanakan oleh organ-organ alat bicara.

Dengan massage ini, telah terbukti kesembuhan berjalan dengan amat pesat…..