Sunday, December 23, 2007

Kenali “Modus Operandi” client anda!

NLP/Success Tips #5: Tahukah anda bahwa setiap orang mempunyai “modus” operandi yang sangat menentukan pola pikir orang tersebut. (Wah...wah.. kok seperti polisi saja... ada modus operandi.....). Eit, tunggu dulu.... Apa sih tujuannya? Inilah penjelasannya......

Kita sebaiknya harus tahu modus operandi orang lain, termasuk ”client” anda. Apa sih tujuan mengetahui modus ini? Bilamana kita mengetahui modus seseorang, maka dengan lebih mudah kita ”masuk” dalam ”dunianya”, dan mudah ”menguasainya” (yaitu mengakrabinya, menawarkan produk baru, mudah sales closing, dll).
Inilah penjelasannya.......

Menurut para ahli NLP, manusia mempunyai 3 modus operandi yang disebut modality, yaitu orang yang lebih menyukai ”pandangan mata” (Visual=V), ”pendengarannya” (Auditorial=A), dan ”perasaannya” (Kinestetik=K).

Perhatikan saja, ada orang yang lebih senang pada brosur-brosur yang berwarna-warni, ini adalah modus Visual (V). Ada pula yang lebih senang bila diterangkan saja, tidak perlu dengan brosur, ini adalah modus Auditorial (A).

Ketika anda tahu modus client anda, maka supaya lebih akrab dan mudah ”menjual” ke client tersebut, anda melakukan pendekatan (rapport building) dengan ”menyamakan” dengan modus yang dimilikinya. Misalnya, client berbicara agak cepat dan semangat, maka anda juga melakukannya dengan cara yang serupa. Ini akan membuat dia merasa nyaman dengan anda.

Kalau diibaratkan di dunia komunikasi komputer, protocol link komunikasi sudah anda ketahui, sehingga anda tinggallah memasukkan informasi ke kompuer tersebut dengan lancar, tanpa sedikitpun hambatan...........

Selamat -secara conscious- mengenali modus operansi client anda....

No comments: